Bupati Landak Dukung Bawaslu Lakukan Pengawasan Partisipatif Melalui Kearifan Lokal

Image Thumbnail

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Landak melaksanakan pengawasan partisipatif melalui sarana kebudayaan yang mengedepankan kearifan lokal guna menyelaraskan pengawasan pemilu bersama masyarakat.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Landak Karolin Margret Natasa dengan dihadiri Ketua Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat, Komisioner Bawaslu Kabupaten Landak, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Budaya, Tokoh Masyarakat, Pelajar dan Mahasiswa Kabupaten Landak yang berlangsung di Aula Hotel Dangau Landak, rabu (25/09/19).

Bupati Landak dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan bawaslu karena dengan pendekatan melalui kebudayaan yang mengedepankan kearifan lokal akan lebih mudah melaksanakan sosialisasi terkait pemilihan umum, sehingga masyarakat lebih cepat memahami fungi dan tugas pengawasan pemilu.

“Yang dilakukan Bawaslu ini merupakan salah satu langkah penting untuk menunjukkan soliditas kehidupan berbudaya di Kabupaten Landak yang sudah teruji dalam menghadapi kontestasi demokrasi yang diselenggarakan secara serentak pada tanggal 17 April 2019 yang lalu berjalan dengan damai dan lancer. Hal ini harus terus kita pertahankan, sebagai sebuah kerja keras kita bersama menciptakan pola piker berdemokrasi dengan baik,” ucap Bupati Landak.

Selain itu, Bupati mengajak masyarakat untuk lebih paham akan pengawasan pemilu secara bijak dan tepat agar tidak melakukan penyimpangan terlebih lagi menciptakan berita bohong serta menimbulkan perselisihan di masyarakat.

“Dalam kegiatan ini bawaslu mengajak masyarakat berpartisipasi secara aktif untuk memahami peran masyarakat dalam mensukseskan perhelatan pemilihan umum kedepannya. Untuk itu Saya meminta seluruh lapisan masyarakat dari latarbelakang budaya masing-masing supaya lebih aktif mengawasi pemilu kedepannya dengan menjadi pengawas pemilu yang cerdas,” terang Bupati Landak.

Ketua Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat Ruhermansyah mengatakan peran serta bawaslu yang utama melakukan pencegahan terhadap pelanggaran pemilihan umum serta melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemilu. Kabupaten Landak merupakan kabupaten yang penyelenggaraan pemilunya berjalan dengan aman dan damai.

“Kabupaten Landak merupakan kabupaten yang melaksanakan pemilu serentak yang lalu berlangsung dengan aman dan damai. Dan perlu kami sampaikan bahwa tugas utama dari bawaslu adalah melakukan pencegahan yang selanjutnya melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemilu. Melalui kearifan lokal ini merupakan bentuk sosialisasi dan pendidikan politik dengan pendekatan nilai-nilai budaya,” jelas Ketua Bawaslu Kalbar.

.

Share Post: