Pemkab Landak Kembali Berikan Vaksin Gratis Untuk Hewan Peliharaan Masyarakat

Menindak lanjuti pencanangan gerakan vaksinasi rabies massal (VARMAS) di Provinsi Kalimantan Barat yang digelar di Entikong beberapa minggu yang lalu, Pemerintah Kabupaten Landak Melalui Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Bidang Peternakan melakukan vaksinasi rabies massal di beberapa kecamatan dengan target vaksin sebanyak 7.000 dosis.

Kepala Bidang Peternakan pada DPPKP Kabupaten Landak drh. Intan Aryani menyampaikan kepada media center,Jumat (27/9/2019) bahwa pelaksanaan vaksinasi rabies sudah dilakukan di Kecamatan Jelimpo di desa yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Sanggau, Kecamatan Mempawah Hulu, dan Kecamatan Banyuke Hulu, setelah itu pelaksanaan vaksinasi akan dilanjutkan ke Kecamatan Air Besar, dan Kecamatan Sebangki.

“Dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia Tahun 2019 Pemerintah Kabupaten Landak melalui Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan menggelar pelayanan vaksinasi rabies pada hewan Peliharaaan seperti anjing, kucing dan Kera secara gratis. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari senin (30 September 2019) di Kantor Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupetan Landak (Jln. Pangeran Affandi A. Rani Ngabang)," ujar Intan.

Terkait hal tersebut plt.Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupetan Landak Alpius menghimbau masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan tersebut, terutama yang memiliki hewan peliharaan di rumah baik anjing, kucing maupun kera sebagai hewan yang dapat tertular sekaligus menularkan penyakit rabies.

“Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Landak untuk menvaksin hewan peliharaan seperti ajning, kucing dan kera untuk mencegah penyebaran virus rabies, Ini merupakan kesempatan yang bagus untuk masyarakat guna untuk memperoleh pelayanan kesehatan dan perawatan hewan kesayangan, apalagi ini tanpa dipungut bayaran," imbau Alpius.

Melalui momentum Hari Rabies sedunia Alpius juga meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan akan bahaya rabies. Untuk itu dengan melapor untuk dapat menghubungi petugas kesehatan hewan terdekat manakala mendapati hewan disekitar tempat tinggal yang disinyalir tertular atau membawa virus penyakit rabies sudah sangat membantu.

“Peringatan hari rabies sedunia tahun 2019 bertemakan “Vaksin Tuntas Rabies Bebas” mengingatkan kita kembali tentang pentingnya meningkatkan kewaspadaan terhadap serangan penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia ini, dengan tema ini masyarakat di dorong untuk memvaksin hewan peliharaannya guna menekan terjadinya kasus rabies, dan Hari Rabies Sedunia diperingati setiap tahun dengan tujuan mengingatkan seluruh masyarakat akan bahaya virus rabies," tegas Alpius.

Sementara Itu Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan yang di laksanakan oleh Bidang Peternakan Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan.

“Saya mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan yang di laksanakan oleh Bidang Peternakan Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan, dalam memberantas penyebaran virus rabies dikabupaten landak ini," tukas Karolin.

Bupati Landak juga mengingatkan bahwa pentingnya upaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk aktif memvaksin hewan peliharaannya.

”Dengan aktif secara mandiri memvaksin hewan peliharaan, berarti masyarakat telah ber-kontribusi dalam upaya pencegahan serangan penyakit, menekan kejadian kasus rabies di lingkungan tempat tinggal, yang akhirnya berperan besar dalam membantu pemerintah menuju pencapaian target bebas rabies," kata Karolin.

Bagikan

Form Penilaian